Ahlan wasahlan

kehidupan ini sperti snetron...yang disutradarai sang khaliq...kita aktornya....uwh....

Kamis, 23 Juni 2011

kegalauanku

PERJALANAN FIKRIYAH VHY..
Sungguh luar biasa perjalanan pola piker aq..ketika sebelumnya kehidupanku di SEkolah Meengah Atas, aq sibuk berorganisasi dengan OSIS, PMR dan banyak lagi kegiatan sekolah yang semuanya bermuara pada kesejah teraan siswa dan kegiatan kreatif siswa, Namun, ketik aq memasuki dunia kampus da mencoba lagi kembali aktif dalam sebuah wadah yang berama organsasi…aq mulai merasa keanehan…kok gini??kok lebih identik dengan yang namanya keyakinan,atau kerennya ideology…ketika organisasi intra kampus, di belakangnya ada sebuah ideology yang menjadi acyuannya…aq mulai aneh..kok gini??maksudnya apa??bukankah waktu SMU aq hanya kenal organisasi yang orientasi kegiatannya hanya sebatas kegiatan sekolah yang selesai begitu aza..namun kini..berbeda…ini berurusan dengan keyakinan, da bersinggungan dengan kehidupan untuk selamanya.
Ikhwan, Salafi, HTI, NII..yah..itulah nama- nama organisasi besar yang begitu banyak menyita pikiranku.. keempatnya memiliki manhaj dan ijtihad berbeda dalam memperjuangkan misinya. Namun, aq fikir ….tujuan utama mereka sebenarnya sama?? Tegaknya agama Alloh di muka bumi…!!!!itu kan intinya hakikat perjuangan mereka??
Namun aq fikir akan lebih indah lagi jika mereka bekerjasama dalam hal2 yg disepakati, tapi kenyataannya mereka malah sibuk berdebat dalam perbedaan bahkan tak jarang saling mencaci??
wahai para penggerak dakwah!!!apapun yg kalian perjuangkan!!tahukah??apa yang kalian lakukan justru malah membuat umat semakin bingung??
Aq mulai mempelajari harokah- harokah yang berkembang di Indonesia mengenal melalui komunitas ikhwah (tarbiyah) di kampus.. aq mulai tahu siapa itu Imam Hassan al Banna, Sayyid Quthb, Syaikh Ahmad Yassin, DR. Yusuf Qaradhawi, dan aqpun mulai mempelajari syiasi kampus ..dan aq punmulai terlibat aktif dengan gerakan dan aktifitas disini…
Hingga akhirnya, karena keingintahuan yang besar…aq mulai mencari kesana- kemari..baik itu di media cetak..internet dan yang terpenting..aq mulai menggali informasi- informasi dari orang- orang yang terlibat di dalamnya tau yang pernah terlibat di dalamnya..
Aq pun mulai mengenal HTI.. meskipun aq tidak terjun langsung di dalamnya.., tapi apa yg mereka perjuangkan sungguh menarik juga. Yaitu Khilafah … Slogan yg menggebrak. Tanpa berusaha menutupi ke arah mana mereka bergerak. Mungkin kontroversial bagi sebagian orang, tapi juga merupakan cita2 mulia bagi sebagian yang lain… namun aq juga tau ternyata di balik Dakwah mereka selalu aza ada suara2 sinis yg berusaha meyudutkan perjuangan mereka dari harokah lain.dan kebetulan aq juga punya teman yang emang dia aktifis HTI…luar biasa oragnya..subhaanaloolhh..
Berbeda lagi dengan salafy….. aq mulai mencari tau tentangnya ketika aq mulai berkomunikasi kembali dengan seorang sahabat di masa SMA dulu, yg kini telah berhijrah dan mengaku bermanhaj salaf… pengetahuannya… subhanalloh, luar biasa luas… dan aq merasa.dia benar- benar berbeda dengan dia yng aq kenal sewaktu SMA dulu..gaya bahasa dan gaya komunikasinya berbeda..Dan dia memang sangat pandai berargumen, plus memiliki dasar2 yg ia pahami sepenuhnya..
Lalu timbul dipikiranq..subhanalloh..ternyata pengetahuanku masih minim…begitu banyak hal yang belum aq faham di dunia ini…hingga aq makin penasaran mencari tahu bagaimana sih manhaj salaf itu??
Hingga akhirnya aq tahu… bahwa memang begitulah kebiasaan orang salafy.. misi utamanya adalah memurnikan kembali aqidah ummat... menyuarakan dg lantang mana yg haq dan mana yg bathil, versi mereka tentunya… tidak mengenal yg namanya kompromi, apalagi perbedaan persepsi…
Beda lagi dengan NII yang orang kenal sebagai gerakan bawah tanah..karena pergerakan mereka ada..namun tak tampak..yang jelas- jelas versi KW 9 yang banyak di cap sesat..karena gerkannya yang aneh..
Tapii..ya..begitulah..aq mulai tahu semua itu..ketika aq mulai memasuki dunia kampus..yapz..di kampus begitu banyak harokah yang berkembang…layaknya sebuah Negara..Negara Indonesia..makanya emang benar bahwa kampus itu miniature Negara..karena kehidupan di kampus tak ubahnya di Negara kita..kehidupan perpolitikanya pun sama..banyak yang ingin memenangkan kursi parlemen..demi kepetingan dan kekuasaan masing- masing..begitu juga di kampus,,begitu ramainya ketika PEMILU RAYA di gelar…kampanye dimana-mana..organisasi ekstra kampus berlomba- lomba untuk memenangkan parlemen kampus…

Hmmm..yo wesss…aq tetep semangat!!!hamasah!!menjalaniya..meski kadang sering merasakan future….N_N

Tidak ada komentar:

Posting Komentar